Jurusan Kuliah untuk Calon Wirausahan

entrepreneur-723044_1280

Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa dikatakan adalah profesi paling diminati di Indonesia, gambaran hidup stabil dengan gaji tetap setiap bulan adalah faktor utama penarik para mahasiswa. Namun formasi yang tersedia tentunya hanya bisa menerima sedikit calon PNS sesuai kebutuhan instansi bersangkutan. Menjadi wirausahawan adalah salah satu solusi terbaik dalam menghadapi masa depan. Banyak orang pada saat ini yang bisa menjadi sukses dan mandiri dengan berwirausaha. Kita semua tahu semua orang bisa saja menjadi seorang wirausahawan, tidak terbatas pada kelompok, pendidikan, dll. Lulusan SD, SMP maupun SMA bisa saja menjadi seorang wirausahawan. Namun dengan pendidikan yang mendukung, seseorang memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk bisa sukses menjadi seorang wirausahawan. Untuk rekan-rekan yang sedang mencari jurusan kuliah dan ingin menjadi seorang wirausahawan, berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah yang sangat prospektif untuk membantu anda menjadi seorang wirausawahan.

Jurusan Kuliah Manajemen dan Bisnis

Jurusan kuliah yang satu ini adalah yang paling sesuai untuk anda yang ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Sesuai dengan namanya, fokus jurusan ini adalah pada bidang manajemen bisnis yang sangat dibutuhkan dalam semua bentuk bisnis. Karena fokusnya pada manajemen, maka jurusan ini lebih fleksibel untuk diaplikasikan di berbagai bidang bisnis. Anda bisa saja masuk ke bisnis produksi, bisnis perdagangan, maupun jasa.
Jurusan kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Terdapat banyak alternatif untuk berwirausaha dalam bidang yang satu ini, misalnya usaha jasa layanan pembuatan website (salah satunya website iCampus Indonesia, dibikin oleh orang IT loh). Lulusan dari jurusan ini juga bisa menjadi pedagang secara online yang pada saat ini mulai berkembang pesat di Indonesia, bidang ini mungkin bisa kita sebut sebagai bidang usaha internet marketing yang merupakan Salah satu bidang usaha paling prospektif. Kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen melalui internet marketing membuat bidang ini semakin berkembang. Terdapat masalah dalam bidang ini di Indonesia, yaitu tingkat kepercayaan masyarakat kepada perdagangan online yang masih rendah karena masih maraknya penipuan pada hari ini. Tapi hal itu bisa ditanggulangi dengan berusaha secara jujur dan benar-benar menjaga kepercayaan konsumen.

Jurusan Kuliah Teknik

Jurusan kuliah teknik termasuk jurusan dengan prospek lapangan kerja paling luas. Kalau berhubungan dengan wirausaha, mungkin bisa kita katakan Semua jurusan dalam bidang keteknikan adalah jurusan yang sangat mendukung untuk menjadi wirausahawan. Misalnya,

  • Jurusan Teknik sipil, bisa menjadi kontraktor proyek-proyek infrastruktur.
  • Jurusan Elektro, bisa menedirikan bisnis perdagangan maupun service perlatan elektronik dan komputer.
  • Jurusan Teknik industri, jurusan yang satu ini adalah yang paling sesuai kalau anda ingin menjadi seorang wirausahawan. Jurusan ini adalah perpaduan antara ilmu manajemen dengan berbagai ilmu keteknikan.

Biologi dan Bioteknologi

Biologi adalah bidang ilmu yang sangat luas, bahasannya mulai dari satuan hidup terkecil berupa sel, hingga bahasan mengenai biosfer. Untuk yang tertarik dengan dunia wirausaha, banyak pilihan usaha yang dapat dijalani seorang lulusan jurusan biologi, namun yang paling prospektif adalah jika anda memilih bidang peminatan Bioteknologi atau Mikrobiologi, karena kedua bidang ini juga membahas teknologi yang berguna dalam peningkatan nilai guna barang. Beberapa contoh produk yang sudah cukup dikenal dalam bidang biologi misalnya Virgin Coconut Oil, Nata de Coco, dan lain sebagainya. Seorang mahasiswa atau sarjana biologi juga bisa mengembangkan usaha peternakan hewan dan ikan, karena mereka sudah cukup familiar dengan hewan, terutama yang mengambil peminatan bidang zoologi.

Jurusan Kuliah Peternakan

Jurusan peternakan termasuk bidang ilmu yang paling prospektif dalam hal wirausaha. Ada banyak sekali pilihan usaha dalam bidang ilmu ini, karena bidang ini berhubungan dengan kebutuhan manusia yang paling mendasar, yaitu makanan. Seorang mahasiswa atau lulusan jurusan peternakan dengan ilmunya tentu saja bisa mendirikan usaha dalam bidang peternakan, seperti peternakan ayam, kambing hingga sapi. Tidak hanya beternak hewan penghasil produk makanan, mereka juga bisa berwirausaha dengan beternak hewan peliharaan seperti burung pengicau, burung hias, kucing hias, dan lain sebagainya.

Jurusan Kuliah Agronomi dan Hortikultura

Seperti halnya jurusan peternakan, jurusan agronomi dan hortikultura juga berhubungan dengan makanan. Alaminya, seorang lulusan jurusan agronomi adalah menjadi seorang petani. Petani juga bisa menjadi bidang wirausaha yang mengantarkan kita kepada kesuksesan. Namun di zaman modern ini, seorang lulusan agronomi harus menjadi petani yang modern juga untuk bisa sukses. Selain menjadi petani tanaman pangan, lulusan jurusan agronomi dan hortikultura juga bisa menjadi petani tanaman hias, atau menjadi penyalur pupuk dan berbagai obat anti hama tanaman.

Jurusan Kuliah Sosial Ekonomi Pertanian

Jika jurusan agronomi dan hortikultura dapat mengembangkan usaha dalam bidang produksi produk pertanian, maka lulusan jurusan kuliah sosial ekonomi pertanian dapat mengembangkan usaha dalam pemasaran produk pertanian tersebut. Usaha dalam pemasaran tersebut bisa saling mendukung dengan petani yang memiliki produknya, karena terkadang produk pertanian sulit untuk sampai ke konsumennya karena sistem distribusi yang kurang baik. Disinilah lulusan jurusan sosial dapat mengambil perannya dengan mengembangkan usaha pemasaran tersebut.

Jurusan kuliah Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Apakah anda berpikir FKIP itu hanya bisa menjadi guru saja? Mudah-mudahan tidak, karena lulusan FKIP juga bisa menjadi wirausahawan. Jenis wirausaha yang paling cocok untuk lulusan FKIP tentu saja yang berhubungan dengan bidang pendidikan, membuka lembaga bimbingan belajar.

Jurusan Kuliah Pariwisata

Pariwisata adalah salah satu industri terbesar di dunia, jika anda ingin menjadi seorang wirausahawan, jurusan pariwisata adalah salah satu jurusan yang tepat. Beberapa pilihan wirausaha dalam bidang ini misalnya mendirikan biro perjalanan dan tour guide, menyediakan layanan jasa akomodasi wisatawan, menjadi event organizer dan lain sebagainya.

Itulah sedikit gambaran tentang jurusan-jurusan kuliah yang cocok untuk anda yang ingin menjadi wirausahawan. Perlu diperhatikan uraian diatas hanya gambaran singkat dan bukan berarti hanya jurusan- jurusan kuliah diatas yang bisa membantu anda menjadi wirausahawan. Semua jurusan kuliah di perguruan tinggi bisa membantu anda untuk menjadi wirausawahan, yang diperlukan adalah kemauan, keyakinan dan komitmen.

Kalau semua jurusan kuliah bisa mendukung untuk menjadi wirausahawan, uraian diatas nggak perlu dong?
In sya Allah ada manfaatnya kok, uraian diatas mungkin bisa memberikan gambaran tentang peluang wirausaha sesuai dengan jurusan kuliah, sehingga mungkin bisa dimasukkan dalam pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah yang akan diambil nanti.

[Jurusan Kuliah/ iCampus Indonesia]

Komentar



One Comment to Jurusan Kuliah untuk Calon Wirausahan

  1. Tapi gak sepenuhnya bergantung pada jurusan loh,Min.
    Yang dari jurusan kependidikan juga bisa berwirausaha, tergantung kreativitas mahasiswa masing-masing dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat.
    Tapi tetep jurusan juga berperan banyak kok. Hehe